Pages

Jumat, 30 Desember 2016

Kajian Tafsir Al-Quran (Al-An'am 141)

Kajian Tafsir Al-Quran (Al-An'am 141)
Masjid Jami' Bintaro Raya
Prof. Dr. Hamdani Anwar, MA.

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan."

- ayat2 ttg sedekah/zakat turun pada tahun ke-2 hijriah.

- sebelum islam datang, bangsa arab sudah suka berbagi.

-ayat ini turun karena kebiasaan orang arab apabila panen, maka mereka memukul tangkainya dengan tangan, buah yang jatuh itu diberikan utk faqir miskin.

-ayat ttg zakat turun berbarengan dengan ayat perintah shalat.

-jannah (taman) pada masa lalu sebutan untuk taman yang hijau dan terdapat air, taman merupakan tempat bersenang-senang orang arab. Sehingga arti jannah (surga) adalah tempat bersenang-senang.

-Surga dalam Al-Quran selalu disebut dengan "jannatun tajri min tahtihal anhar" (surga/taman yang dibawahnya mengalir sungai-sungai). Ini karena orang arab jaranf bertemu taman-taman hijau yang terdapat sungai, sehingga kondisi ini merupakan bayangan yang sangat indah bagi orang arab.

-

0 komentar:

Posting Komentar