Pages

Minggu, 04 Mei 2014

RAHASIA KEBAHAGIAN RUMAH TANGGA

Rahasia Kebahagian Sebuah Keluarga.

ini bukan tulisan yang lahir dari sebuah pengalaman, juga bukan di dapat dari guru atau kajian literatur, tapi ini tulisan yg lahir dari sebuah pengamatan (semata).

infotainment memberitakan begitu banyak keluarga yang berantakan yang berakhir perceraian, tapi saya menyaksikan begitu banyak keluarga yang terlihat begitu bahagia dengan rumah tangganya.

lalu apa sih rahasia kebahagiaan dalam rumah tangga?

Apakah Rahasia kebahagiaan itu adalah rasa cinta??
percayalah, hampir semua pernikahan yang berakhir dengan perceraian, diawal pernikahan mereka di awali dengan rasa cinta.
banyak yang pacaran bertahun-tahun, tapi pernikahan mereka kandas tidak berapa lama setelah menikah.
banyak yg sebelum menikah memuja-memuji pasangannya dan memamerkan kemesaraan mereka, mereka menunjukkan rasa cinta diantara mereka, tapi tak lama setelah menikah terdengar kabar perceraian mereka.

namun ada juga yg menikah karena dijodohkan, tak ada rasa (cinta) diantara mereka sebelumnya, tapi keluarga mereka langgeng dan bahagia.
ada yg menikah, padahal sebelumnya mereka tak pernah saling mengenal, dan alhamdulillah keluarga mereka dipenuhi kebahagiaan.
lalu apakah rahasia kebahagian keluarga itu harus di awali oleh rasa cinta???? :)
sepertinya tidak.

Istri yang cantik??
saya juga menemukan pasangan yg menurut penilaian saya istrinya biasa-biasa saja, walaupun tidak jelek, tapi sulit dinilai cantik :), tapi terlihat keluarga mereka begitu bahagia, tidak ada perceraian.
dilain tempat, kurang cantik apa sih para artis itu? tapi kenapa mereka bercerai??
lalu apakah rahasia kebahagiaan keluarga itu karena kecantikan??

ada keluarga yang menurut saya hidup dengan kondisi ekonomi pas-pasan, tapi tak pernah terdengar ada masalah dalam keluarganya, tidak terlihat riak-riak konflik dalam keluarga tersebut, keluarganya bahagia.
tapi juga sering didengar keluarga yang hidup dalam kecukupan, bahkan berkelimpahan, namun selalu terdengar konflik dalam keluarga tersebut, cekcok menghiasi keluarga setiap waktu??
apakah kunci kebahagiaan keluarga itu kekayaan???

strata pendidikan apakah jadi kunci kebahagiaan keluarga??
betapa pasangan yg punya pendidikan tinggi, tapi endingnya juga cerai.
tapi orang-oran dulu hanya tamat SD atau SMP, bahkan ada yg tidak lulus SD, tapi keluarga mereka bertahan sampai memiliki puluhan cucu.
jangan lihat strata pendidikan pasanganmu, bukan itu kunci bahagia.

memiliki banyak anak rahasia kebahagiaan keluarga?
ada pasangan yg menikah puluhan tahun tapi belum diberi rezeki oleh Allah untuk punya anak, tapi toh keluarga mereka tetap bertahan, pasangan ini kelihatan mesra.
tapi banyak juga keluarga yg malah anaknya yg jadi sumber masalah, yg selalu bikin masalah.
walaupun mungkin setiap orang tua mendambakan memiliki anak, tapi ternyata itu bukan syarat mutlak menjadi keluarga bahagia.
kita lihat kasus-kasus perceraian, ternyata mereka pasangan subur yg memiliki anak.

pernikahan yang seusia, atau usia yang tidak terlalu jauh beda. apakah ini bisa jadi kunci kebahagiaan keluarga? biasanya dibanyak pikiran kita, perempuan yg lebih tua dari laki-laki merupakan pasangan yg kurang ideal. tapi saya menemukan pasangan yg usia istrinya jauh diatas suaminya, tapi kelihatannya mereka bahagia2 saja, bahkan pasangan ibunda khodijah dan baginda Rasul adalah contoh pasangan yg tetap bahagia walau usia yg terpaut cukup jauh. kecintaan Rasulullah kepada ibunda khadijah tak perlu diragukan lagi.

lalu apakah rahasia kebahagiaan keluarga itu??
Wallahu A'lam, tapi yg jelas cinta, pangkat, kekayaan, kecantikan, anak, dan pendidikan bukan menjadi kunci kebahagian, walaupun mungkin itu semua bisa menjadi pendukung kebahagiaan sebuah keluarga.

mungkin hanya orang-orang yang mendapatkah hikmah yang mampu menangkap rahasia kebahagiaan sebuah keluarga, yang mampu melihat bukan (hanya) dengan penilaian zohir dan duniawi.
ini seperti Nabi Ibrahim as yang di beri hikmah oleh Allah Swt sehingga mengetahui siapa Tuhan sebenarnya.

saat masyarakat semuanya menyembah berhala, bahkan bapaknya sendiri juga penyembah berhala (QS. 6:74), maka Nabi sudah melihat kalau ini salah.
lalu Nabi Ibrahim mencari hakikat Tuhan sebenarnya, dan saat melihat bintang Nabi Ibrahim berkata, inilah Tuhan itu, tapi pikirannya lnsung berubah saat bintang lenyap (QS. 6:76).
lalu Nabi ibrahim melihat bulan dan mengatakan inilah Tuhan itu, tapi saat bulan lenyap maka Nabi ibrahimpun menyimpulkan kalau ini bukan tuhan (QS. 6:77).
saat Nabi Ibrahim melihat matahari, Nabi Ibrahim mengatakan inilah tuhan itu karena yg ini lebih besar, dan akhirnya tetap berakhir kecewa saat matahari itu hilang seiring berganti malam (6:78).
dan akhirnya, Nabi Ibrahim menemukan bahwa Tuhan itu adalah Allah dan menyerahkan diri sepenuh kepada pencipta langit dan bumi.

begitulah mungkin hakikat kebahagiaan tersebut, hanya mampu dilihat melalui hikmah dan ilmu.
dan semoga kita orang yang diberi hikmah dan ilmu untuk mencapai keluarga yg bahagia tersebut.

*Ahmad Sholahudin, 29 April 2014.

0 komentar:

Posting Komentar