Pages

Jumat, 25 April 2014

KATANYA MODERN

"Katanya Modern, Tapi Masih Percaya Bintang dan Dukun"

Walau zaman sudah modern, tapi masih banyak perilaku dan pemikiran terbelakang, kampungan, atau primitif yg masih melekat pada masyarakat abad modern ini.

Salah satu pemikiran yang saya kira terbelakang pada saat ini adl masih banyak yang masih percaya ramalan bintang (zodiak) dan dukun.

Di media sosial twitter minsalnya, saya masih sering menemukan wanita2 modern meretwet ramalan bintang. Kita juga melihat fenomena masih banyaknya tawaran/promosi sms ramalan bintang, atau hampir setiap majalah remaja dan dewasa menyelipkan halaman khusus buat ramalan bintang.

Zaman modern identik dg zaman berpikir inteklektual dan logis, jadi lucu saja melihat manusia modern masih percaya yg ginian.

Hal lucu lainnya adl manusia2 modern yg masih percaya dukun, dukun masih laris di indonesia ini, orang2 ktk mendapatkan masalah nyari dukun, ingin sukses nyari dukun, dan apa yg di ucapkan dukun masih diyakini kebenarannya.

Lagi2 saya harus geleng2 kepala, katanya modern, kok masih percaya juga dg yg ginian. Lihat saja di media2, terutama mendekati pergantian tahun seperti skrg, media2 rame2 menayangkan dukun, menyebarkan ramalannya ttg tahun esok seperti apa.
Sekarang dukun pun berpenampilan dg bermacam gaya, ada yg memakai jubah bak seorg kiyai, ada yg berpakaian serba hitam, ada yg berpakaian seperti pejabat lengkap dg jas dan dasinya, dan banyak macam gaya lainnya. Tetapi mereka sama, yaitu dukun/paranormal.

Padahal bagi muslim, percaya dg bintang dan dukun jelas sesuatu yg diharamkan, lihatlah hadist Rasulullah Saw:

”Barangsiapa mendatangi peramal (dukun), lalu mempercayai apa yang dikatakannya, maka shalatnya tak diterima selama 40 hari.” (Muslim).

“Barang siapa yang mendatangi seorang dukun, dan mempercayai apa yang dikatakannya, maka sesungguhnya dia telah kafir (ingkar) terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad.” (HR. Abu Daud).

“Tidak termasuk golongan kami orang yang meminta dan melakukan Tathoyyur, meramal atau minta diramal, menyihir atau minta disihirkan, dan barang siapa yang mendatangi dukun lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya ia telah kafir terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad". (HR At-Thabrani).

Na'udzubillah, percaya dg ramalan bintang dan dukun/paranormal membuat sholat kita tidak diterima, bahkan bisa menjatuhkan kita kpd kekafiran.

Kalau masih ada yg percaya sama ramalan bintang dan dukun, mulai skrg kita anggap saja ia kampungan dan primitif. :)

0 komentar:

Posting Komentar