Pages

Jumat, 25 April 2014

CINTA TARBIYAH

Cinta Tarbiyah

Kecintaan saya kpd tarbiyah adl sebuah kecintaan yg jujur dan mendalam, kecintaan saya kpd tarbiyah melebihi kecintaan saya terhadap apapun yg bersifat dunia (mudah2an, insya Allah).

Ini bukan masalah fanatisme buta atau masalah ashobiyah akut, tapi ini adalah keyakinan akan jalan perjuangan dalam menegakkan dinul islam.

Kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses perjuangan pasti ada, dan tak perlu kita memungkirinya atau membelanya membabi buta. Prinsip inilah yang harus kita pegang, "Saya mencintai tarbiyah, tapi saya lebih mencintai kebenara". Ini seperti ungkapan Imam syafi'I kepada Imam Malik saat terjadi perbeda'an ijtihad antara keduanya, "Saya mencintai Imam Malik, tapi saya lebih mencintai Kebenaran".

Tapi kesalahan-kesalahan yang ada bukan menjadi alasan bagi kita untuk meninggalkan tarbiyah, apalagi sampai memusuhinya. Karena yakinlah jama'ah ini tidak mengajak kita kepada kesesatan. Sesuatu yang kita nilai benar bisa jadi sesuatu itu salah, dan sesuatu yang kita nilai salah bisa jadi sesuatu itu benar.

Persatuan sesuatu yang dicintai Allah, sedangkan perpecahan sesuatu yang dibenci Allah. Marilah kita terus bersama, bersama disini memperbaiki diri, disini bersama kita memperbaiki lingkungan dan masyarakat, disini kita bersama memperbaiki negara, disini kita sama-sama berdakwah, dan disini kita satukan hati-hati kita.

Tapi kita juga tidak boleh menutup mata bahwa perbaikan juga bisa dilakukan oleh orang-orang diluar kita, dan kebaikan tidak hanya ada pada kita.

Wallahu a'lam.

0 komentar:

Posting Komentar