Pages

Selasa, 27 November 2012

JUMLAH SURAT DAN AYAT DALAM AL-QUR’AN





JUMLAH SURAT DAN AYAT DALAM AL-QUR’AN

Assalaamualaykum Warahmatullahi Wabarakkatuh,,

Ketika ditanya kepada umat muslim berapa jumlah ayat dalam Al-Qur’an, hampir dipastikan sebagian besar dari mereka akan menjawab 6666 ayat. Angka cantik ini sungguh akrab ditelinga umat muslim, karena memang dari sejak kecil dulu angka ini selalu dijelaskan sebagai jumlah ayat dalam Al-Qur’an. Lalu apakah benar jumlah ayat dalam Al-Quran berjumlah 6666 ayat? Maka disinilah saya rasa perlu sebuah  pembuktian.

Mengenai Jumlah Ayat Al-Quran memang terjadi perbedaan pendapat ulama, namun untuk jumlah ayat Al-Quran dengan mushaf ustmani yang ada pada umat muslim saat ini, berikut adalah jumlahnya berdasarkan hitungan saya dengan metode menjumlahkan jumlah ayat dalam setiap surat dalam Al-Qur’an. Semoga bermanfaat dan merubah persangkaan kita selama ini. 

No
Nama Surat
Jumlah Ayat
Total
1
Al-Fatihah
7
7
2
Al-Baqarah
286
293
3
Ali-Imran
200
493
4
An-Nisaa’
176
669
5
Al-Maidah
120
789
6
Al-An’am
165
954
7
Al-a’raf
206
1160
8
Al-Anfal
75
1235
9
At-Taubah
129
1364
10
Yunus
109
1473
11
Hud
123
1596
12
Yusuf
111
1707
13
Ar-Ra’ad
43
1750
14
Ibrahim
52
1802
15
Al-Hijr
99
1901
16
An-Nahl
128
2029
17
Al-Israa’
111
2140
18
Al-Kahfi
110
2250
19
Maryam
98
2348
20
Thaha
135
2483
21
Al-Anbiyaa’
112
2595
22
Al-Hajj
78
2673
23
Al-Mu’minuun
118
2791
24
An-Nuur
64
2855
25
Al-Furqoon
77
2932
26
Asy-Syu’araa’
227
3159
27
An-Naml
93
3252
28
Al-Qashash
88
3340
29
Al-Ankabuut
69
3409
30
Ar-Ruum
60
3469
31
Luqman
34
3503
32
As-Sajadah
30
3533
33
Al-Ahzab
73
3606
34
Saba’
54
3660
35
Faathir
45
3705
36
Yaasiin
83
3788
37
Ash-Shaaffaat
182
3970
38
Shad
88
4058
39
Az-Zumar
75
4133
40
Al-Mu’min
85
4218
41
Fushshilat
54
4272
42
Asy-Syuura
53
4325
43
Az-Zukhruf
89
4414
44
Ad-Dukhan
59
4473
45
Al-Jaatsiyah
37
4510
46
Al-Ahqaaf
35
4545
47
Muhammad
38
4583
48
Al-Fath
29
4612
49
Al-Hujuraat
18
4630
50
Qaaf
45
4675
51
Adz-dzaariyaat
60
4735
52
Ath-Thuur
49
4784
53
An-Najm
62
4846
54
Al-Qamar
55
4901
55
Ar-Rahmaan
78
4979
56
Al-Waaqiah
96
5075
57
Al-Hadiid
29
5104
58
Al-Mujaadilah
22
5126
59
Al-Hasyr
24
5150
60
Al-Mumtahanah
13
5163
61
Ash-shaf
14
5177
62
Al-Jumu’ah
11
5188
63
Al-Munaafiquun
11
5199
64
At-taghaabun
18
5217
65
Ath-Thalaq
12
5229
66
At-Tahrim
12
5241
67
Al-Mulk
30
5271
68
Al-Qalam
52
5323
69
Al-Haaqqah
52
5375
70
Al-Ma’aarij
44
5419
71
Nuh
28
5447
72
Al-Jin
28
5475
73
Al-Muzammil
20
5495
74
Al-Muddatstsir
56
5551
75
Al-Qiyaamah
40
5591
76
Al-Insaan
31
5622
77
Al-Mursalaat
50
5672
78
An-Nabaa’
40
5712
79
An-Naazi’aat
46
5758
80
‘Abasa
42
5800
81
At-Takwiir
29
5829
82
Al-Infithaar
19
5848
83
Al-Muthaffifiin
36
5884
84
Al-Insyiqaaq
25
5909
85
Al-Buruuj
22
5931
86
Ath-Thaariq
17
5948
87
Al-A’laa
19
5967
88
Al-Ghaasyiyah
26
5993
89
Al-Fajr
30
6023
90
Al-Balad
20
6043
91
Asy-Syams
15
6058
92
Al-Lail
21
6079
93
Adh-Dhuha
11
6090
94
Al-Isyirah
8
6098
95
At-Tiin
8
6106
96
Al-‘Alaq
19
6125
97
Al-Qadr
5
6130
98
Al-Bayyinah
8
6138
99
Al-Zalzalah
8
6146
100
Al-‘Adiyaat
11
6157
101
Al-Qaari’ah
11
6168
102
At-Takaatsur
8
6176
103
Al-‘Ashr
3
6179
104
Al-Humazah
9
6188
105
Al-Fiil
5
6193
106
Qurasy
4
6197
107
Al-Maa’uun
7
6204
108
Al-Kautsar
3
6207
109
Al-Kaafiruun
6
6213
110
An-Nashr
3
6216
111
Al-Lahab
5
6221
112
Al-Ikhlash
4
6225
113
Al-Falaq
5
6230
114
An-Naas
6
6236


*Ahmad Sholahudin. Lubuk Landai, Bungo, Jambi 29 Agustus 2011.
“Jika terdapat kesalah dalam penghitungan mohon maaf dan mohon perbaikannya”.

35 komentar:

  1. gak pernah kepikiran mau ngitung ayat al-quran. subhanallah

    BalasHapus
  2. Dgn kemajuan teknologi, sekaranh alquran berada didalam gadged, yg memudahkan umat dlm mengaji, sisi baik dlm kemajian teknologi,

    BalasHapus
  3. Syukron Jazakumullohu khoiron

    BalasHapus
  4. Mungkin yang anda maksud adalah Al Quran riwayat Hafsh.. Al Quran ada beberapa riwayat. Lebih jelasnya kita lihat link ini..
    http://id.wikipedia.org/wiki/Surah
    mengapa berbeda? silakan ke link ini
    http://www.muslimsays.com/2012/04/berapa-jumlah-ayat-alquran-sebenarnya.html

    Jadi mengenai perbedaan tidak usah kita pemasalahkan..

    BalasHapus
  5. Tp,al-qur'an itu sdah pedoman dan ptunjuk bgi umat islam.knpa hrus sling brbeda pndpat,sdang kita sma2 prpangan agama islam...??

    BalasHapus
  6. Numpang Paste komen dari blok sebelah sob :)

    ven0mday said...

    maaf, saya ikut nimbrung, agar wacana tidak deadlock. saya tidak mau ikutan menyalahkan ulama, juga tidak ingin menjelaskan "misteri angka", namun insya allah saya bisa memberi kepastian dan penjelasan tentang kontroversi jumlah ayat. 1. arti "jumlah" dalam bahasa arab tidak sama dengan "jumlah" dalam bahasa indonesia (yang berarti "total", "keseluruhan"). kata "jumlah" dalam bahasa arab terkait dengan "fungsi" dan "penjelasan" tentang suatu maksud. jadi pijakan wacana anda sudah tidak tepat. 2. silakan baca kitab tafsir kiai nawawi al-bantani yang menjelaskan:

    mengapa jumlahnya ada 6666 ayat. angka 6666 itu bukan angka hitungan, melainkan nawawi al-bantani memilah secara tematik ayat-ayat al-qur'an itu, lantas dari masing-masing tema dijumlahkan, hasilnya 6666. karena ayat al-qur'an tidak saling-pisah (kadang satu ayat mencakup 2 atau 3 tema, hasilnya 6666. selisih ratusan ayat dari "angka" yang matematis. bukan hanya nawawi al-bantani yang punya sistematika tematik al-qur'an, ada ratusan mufasir lainnya. dan tetap mengarah ke 6666. pijakan ratusan orang mufasir yang sudah menekuni al-qur'an selama puluhan tahun itu, sungguh berbeda dengan cara orang yang lebih suka "menjumlah" dan mencari "misteri". lain kali, kalau copy-paste pendapat orang ya cantumkanlah sumbernya, ada google dan copyscape yang bisa periksa. jangan gampang menyalahkan ulama. baca kitabnya mungkin lebih bijak. ok, cheers!

    ARIEF ANGGRIAWAN said...

    Mau ikutan ah,Wahai kawan ,saudara,karib kerabat dan handai taulan orang yang mengatakan bahwa Ulama yang berpendapat tentang ayat alqur'an jumlahnya ada 6.666 ayat di katakan ulama palsu itu perlu belajar agama lebih dalam lagi terutama berakhlaq jangan hanya bisa mencela,ingat kuman di sberang lautan tampak gajah di depan mata tak tampak.

    Ayat alqur'an yang di katakan 6.666 ayat itu bukan tidak pakai penyelidikan terlebih dahulu seperti yang di tuduhkan oleh penulis diatas.Paara Ulama itu sungguh lebih jauh tinggi ilmunya daripada kita.Baru menjumlahkan ayat Alqur'an pakai kalkulator saja sudah menganggap seolah-olah sebagai mujtahid kelas wahid.Penulis artikel tersebut hendaknya sedikit berpikir jenius bagaimana dia dapat berpikiran seperti itu.

    Berpendapat bahwa ayat alqur'an itu jumlahnya 6.236 ayat itu tidak salah,akan tetapi menyatakan orang yang berpendapat ayat alqur'an berjumlah 6.666 ayat itu ulama palsu,barangkali itu yang kurang waras.

    Di dalam ilmu baca Alqur'an di kenal dengan istilah waqaf.Sebagian Ulama berpendapat bahwa waqaf dalam alqur'an itu ada dua yaitu waqaf sughra dan waqaf kubro.Sebagai gambaran sedikit adalah surat Alquraisy yang berbunyi " falyakbudu robba hadzal bait alladzi ath 'amahum min ju' wa amanahum min khouf " ayat ini ada yang berpendapat dua ayat bukan satu ayat.nah dari sini bisa di paham jika ayat ini saja mereka berpendapat dua ayat maka bisa di katakan orang yang menyatakan ayat alqur'an berjumlah 6.666 ayat tidak bisa di katakan salah terlebih menuduh sebagi ulama palsu.Kiranya pembawa artikel tersebut lebih memperdal ilmunya yang sangat dangkal tersebut.Yang perlu sangat untuk di ingat bahwa perbedaan pendapat para ulama adalah rahmat.Orang yang mengakui ayat qur'an berjumlah 6.666 ayat qur'annya sama dengan orang yang berpendapat 6.236 ayat,kenapa kita mesti seperti orang kebakaran jenggot tentang hal ini.sikap yang perlu bagi kita adalah bagaimana menghormati pendapat orang lain.smoga mengobati penyakit hati.

    Sumber : sumber: http://myislam.blogspot.com/2007/04/ayat-al-quran-bukan-6666-tetapi-6236.html

    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. Bagus...bagus...bagus...

    Al-Qur'an adalah untuk semua UMAT, artinya bukan hanya umat Islam saja tetapi untuk Umat Non Islam. Untuk itu supaya bisa diterima oleh semua Umat (semua orang) maka ayat2 dalam Al Qur'an harus bisa dibuktikan dengan akal pikiran (dengan Mata,Telinga,hati,hidung dll) alias dengan Ilmu Pengetahuan.
    Mohon diingat.... hati2 dengan HADIST (penjelas AlQuran). Hadist banyak4 muncul yaitu pada Kekhalifahan Ali bin Abi Thalib (saat terjadi perpecahan hebat didalam Umat Islam di waktu itu).
    Sekian dulu.

    BalasHapus
  8. Satu hal aku ingin katakan, Klo Alkitab Nasrani berdiri sendiri dan tidak mungkin berinduk pada kitab suci umat muslim yang selalu dikabarkan. Maaf ya... Jumlah ayat suci Alquran 6000 an lebih. Klo Alkitab Kristen terdi atas : 66 Kitab, 1189 pasal, 31171 ayat. Oh iya, ditulis berdasarkan kehendak Allah, oleh Allah, dan dari mulut Allah dan dituliskan oleh Nabi-Nabi di Perjanjian Lama, dan Rasul-Rasul Allah (Yesus Kristus), Allah itu esa, baca dulu dunk Injil biar tau klo Allah, Yesus Kristus, Roh Kudus adalah Tuhan yang sama alias esa. Alkitab di tulis berdasarkan kebutuhan Roh, bukan daging yang meminta pahala (keuntungan) dalam setiap pembacaannya. Sbab Firman itu adalah Pedang Hukum Allah, semakin banyak di baca dan diketahui, maka semakin keras pula Hukum Allah itu mengikatnya. Maaf ya cuma meluruskan tudingan kepada Nasrani klo memiliki 3 Allah. Allah hanya satu, tapi memiliki 3 pekerjaan besar yakni : Pencipta (dikenal sbg Allah Bapa), Penebus dari dosa (Yesus Kristus), penghibur dan peneguh iman (Roh Kudus). Allahnya adalah Allah yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Robert Zokie
      Nyasar Dari Mana loe

      Hapus
    2. kalo menurut saya sebagai pengamat 4 kitab amatir, semua percaya bahwa pencipta itu hanya ada 1. tapi layaknya presiden harus punya mentri dan jendral agar semuanya dapat diatur dengan mudah. hanya di Indonesia yang memiliki para wali dan didunia memiliki para nabi. tidak ada yang namanya para dewa yang ada hanya dewa. tidak ada para pendeta atau para biksu. dari seribu lebih surat -surat disempurnakan kepada kitab. bedanya hanya Al-quran menurut saya yang disempurnakan dari 3 kitab yang sudah ada. bukan masalah apa tapi ini kenyataan. seperti halnya buku belajar penerbit tahun 2001 dengan 2009 sudah pasti kita harus belajar yang lebih terbaru karena sudah berevolusi. jadi tinggal pilih, mana yang engkau percayai dan mana yang enkau ikuti. jangan ada perselisihan antara manusia. karena lambat laut agama akan hilang jika kita selalu berselisih. rosul umat muslim juga pernah berbicara agama mu adalah agama mu dan agama ku adalah agama ku. selama ini yang salah bukan agama atau pendapatnya. tetapi manusia itulah yang selalu adu banding dan selalu menganggap dirinya benar yang padahal memang menurut mereka benar dan semua agama itu benar semua. jika ada kritik kepada saya, saya terima apa lagi bisa berbincang dengan orang-orang yang baru. bagi saya itu adalah kesenangan karena kita bisa kenal satu dengan lainnya termasuk dengan agama yang berbeda. asalamualaikum, selamat siang, namaste.

      Hapus
    3. Apakah anda bisa membuktikan dari bukti - bukti yang ada baik Cetak Maupun elektronik, Kalo Injil dari awal di turunkan sampai Saat ini Isi dan tulisanya sama ? Alquran dari awal di Turunkan sampai detik ini Isi dan Tulisanya tidak Pernah Berubah.

      Hapus
  9. @Robert Zokie : nyasar bro . . .

    BalasHapus
  10. Yesus tu Rasul-Rasul Allah atau Tuhan sih???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesus kristus nama yang dikenal didunia adalah seorang yang disucikan bukan orang yang suci pada awalnya. berbeda dengan nabi muhammad yang sudah suci sejak lahir. karena di muslim dari 25 nabi hanya nabi muhammad lah yang memiliki gelar SAW (sawlallah alaihisalam) dan yang lain hanya AS(alaihi salam). menurut saya semua adalah para nabi dan Allah hanya satu dan dia maha pencipta.

      Hapus
  11. Juga menurut riwayat, dahulu Rasulullah saw terkadang berhenti membaca dan menarik nafas. Pada saat itu timbul asumsi pada sebagian orang bahwa ketika Nabi menarik nafas, di situlah ayat itu berhenti dan habis. Sementara yang lain berpandangan bahwa Nabi Saw hanya sekedar berhenti menarik nafas dan tidak ada kaitannya dengan berhentinya suatu ayat.

    Read more: http://www.cakrawawasan.com/2013/06/sebenarnya-berapa-ya-jumlah-ayat-dalam.html#ixzz2b2rA6A2b

    BalasHapus
  12. Robert zakie@: bro,,,alkitab 80% isinya sudah dirubah manusia.
    Dan tidak ada yg bisa menyerupai ALLAH SWT, dia maha kuasa terhadap ciptaannya.
    Serta setiap perbuatan dosa itu akan dipertanggung jawabkan masing2 diakhirat nti, bukannya isa al masih sebagai penebus dosa2 umatnya.
    Tiada tuhan selain ALLAH SWT dan muhammad SAW utusan ALLAH serta isa almasih juga utusan ALLAH.


    Astaghfirullah hal adhzim.

    #tentara langit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar semua,... nabi2 mulai musa (taurot), daud (zabur), isa (injil) dan muhammad (al quran) semua bener bahwa utusan Alloh SWT hanya saja saat jaman nabi itu hidup maka tunutunan seperti kenabian dan kitabnya waktu itu, adapub nabi akhir jaman adalah muhammad maka semua harus mengikuti syariat dan kitabnya bahkan nanti saat isa muncul diakhir jaman utk menumpas dajjal dan semua berhala termasuk salib juga akan mengerjakan syariat agama islam - walaupun sekarangpun tidak semua islam sesuai jaman nabi dulu,.. sudah banyak bid'ah (sumber hadist kutubushitah)

      Hapus
  13. maaf sedikit komentar supaya bermanfaat.
    Pada masa khalifah pertama, Abu Bakar, banyak terjadi peperangan melawan orang-orang yang murtad dan para nabi palsu. Di antara mereka yang gugur dalam peperangan banyak penghafal ayat-ayat al-Qur'an. Umar bin Khaththab mengu­sulkan untuk mengumpulkan para penghafal al-Qur'an, disu­ruh membacakan al-Qur’an, menjadikan satu, meneliti dan menulis ulang. Kumpulan itu yang ditulis oleh Zaid bin Tsabit, mushaf, berupa lembaran-lembaran yang diikat menjadi satu, disusun berdasarkan urutan ayat dan surat seperti yang telah ditetapkan oleh Nabi sebelum wafat. Sedangkan pada masa Utsman bin Affan, tentara Muslim telah sampai ke Armenia, Azerbajan di sebelah Timur dan Tripoli di sebelah barat. Kaum Muslim terpencar di seluruh pelosok negeri, ada yang tinggal di Mesir, Syria, Irak, Persia dan Afrika. Naskah beredar di mana­mana, tetapi urutan surat dan cara membacanya beragam, se­suai dialek di mana mereka tinggal. Hal ini menjadikan perti­kaian antarkaum Muslim sehingga menjadikan kekhawatiran pemerintahan Utsman. Maka kemudian Utsman membentuk panitia untuk membukukan ayat-ayat al-Qur'an dengan me­rujuk pada dialek suku Quraisy, sebab ayat al-Qur'an diturun­kan dengan dialek mereka, sesuai dengan suku Muhammad saw. Buku tersebut diberi nama al-Mushaf, ditulis lima kopi dan dikirimkan ke empat tempat: Mekkah, Syria, Bashrah, dan Ku­fah. Satu kopi disimpan di Medinah sebagai arsip dan disebut Mushaf al-Imam.


    Walaupun telah disatukan dan diseragamkan, namun tetap cukup banyak al-Qur'an di Afrika dengan dialek berbeda, ter­masuk jumlah ayat yang "berbeda" karena perbedaan mem­baca dalam pergantian nafas (6.666 ayat), tetapi isinya tetap sama. Awalnya, pada zaman Nabi, al-Qur'an memakai dialek Quraisy, tetapi kemudian berkembang menjadi tujuh dialek non-Quraisy. Pada mulanya, ini dimaksudkan agar suku-suku lain lebih mengerti. Ada juga aliran tersendiri (kelompok kecill, pimpinan Dr. Rashad Khalifa, kelahiran Mesir, seorang ahli biokimia dan matematika, yang mempromosikan jumlah ayat 6.234, berbeda 2 ayat dengan naskah Ustman, 6.236 ayat.7 Sedangkan mayoritas Muslim tetap berpegang teguh pada naskah awal yang dikumpulkan semasa Khalifah Ustman, yaitu dialek Quraisy, hingga kini. Perbedaan kecil ini, menjadi sasaran kritik para Orientalis, bahwa al-Qur’ an tidak asli lagi, karena telah ada campur tangan manusia dalam transmisinya. Walaupun demikian, sebagian di antara mereka, seperti Gibb, Kenneth Cragg, John Burton, dan Schwally dalam bukunya Mohammedanism, The Collection of the Qur’an , The Mind of the Qu'ran, dan Geschichte des Qorans, mengakui bahwa "sejauh pengetahuan kita, kita bisa yakin bahwa teks wahyu telah di­transmisikan sebagaimana apa yang telah diberikan kepada Nabi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong mas untuk jumlah yang 6666 ayat bisa dirinci per surat seperti yang ditulis oleh sholahudin-jundullah.bogspot.com sehingga orang awan seperti saya bisa belajar dan mengetahui jumlah perbedaanya pada setiap ayat pada suratnya dalan Al Qur'an. Trima kasih

      Hapus
  14. Wahai saudaraku se-Iman,ingat dan yakinlah akan firman Allah SWT:

    "Sesungguhnya, kamilah yang menurunkan Peringatan, dan sesungguhnya, kamilah yang menjaganya."(QS. Al-Hijr: 9)

    Peringatan ini adalah Al Qur’an. Ayat ini merupakan janji dan jaminan dari Allah SWT bahwa Dia, selain menurunkan dan mewahyukan Al-Qur’an, juga akan menjaga kemurnian­nya hingga hari Kiamat.

    BalasHapus
  15. see Video
    http://www.youtube.com/watch?v=kiL4ClvshN0

    BalasHapus
  16. selama ini kita di bohongi oleh ulama palsu ternyata ayat alquran bukan 6666 tetapi 6236

    BalasHapus
  17. jangan percaya kalau ayat alqur'an berjumlah 6666. Kaum kafir memang sengaja mencari cara untuk menyimpulkan alqur'an = 6666 ayat atau identik dgn angka 666-angka syetan sprti keyakinan kafir.
    Dengan kesimpulan itu, mereka kemudian menghujat alqur'an.

    BalasHapus
  18. "yesus itu manusia, nabi isa, nabi muhammad juga manusia, sama dengan kita, sama-sama manusia..." hanya orang sesat yang menganggap manusia sebagai tuhan.

    tuhan itu maha menciptakan bukan tercipta,

    kalo misal siti maryam disebut bunda maria, gimana dengan orang tua dari siti maria, apakaha disebut tuhan kakek dan tuhan nenek? tuhan buyut dan tuhan aki-aki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesus sama Nabi Isa nya jangan di Pisah brader, Artinya jadi 2 Orang yang Berbeda.Nabi Isa atau Yesus (Sebutan Nasrani) Nabi Yang Sama.

      Hapus
  19. Robert” kocakkkk... knpa trus Tuhan atw rosul atw apa dweh kok telanjang..?? maaff y.. sdkitnya buka doung pkiran kt,, yg logis” dn yg bnr gitu dweh ni kn agma pmlhn yg tpt utk mbwa hti dn khdpn yg lbh dmai dn abadi, knp injil d tulis oleh ucpn” paulus..?km kn gk thu siapa paulus.. siapa thu dia itu buta atw bisu, dn yg dia tulis itu brdsarkn rekyasa dia aza alias ngarang..

    BalasHapus

  20. Jumlah yang menunjukan bilangan ayat
    al-quran 6666 ialah terdapat didalam
    kitab Aqidah Al-Najin muka surat 99
    daripada Abi Hasan.
    Jumlah bilangan ayat yang disusun oleh
    ulama tersebut ialah:
    1000 ayat al-Quran berkaitan menyuruh
    membuat kebaikan
    1000 ayat al-Quran berkaitan mencegah
    kemungkaran
    1000 ayat al-Quran berkaitan Janji
    diberi pahala
    1000 ayat al-Quran Janji dibalas seksa
    1000 ayat al-Quran berkaitan ayat
    membandingkan dengan sesuatu.
    1000 ayat al-Quran berkaitan dengan
    Kisah dan Khabar
    500 ayat al-Quran Berkaitan Halal dan
    Haram
    100 Ayat Al-Quran berkaitan dengan
    Doa dan Tasbih
    66 Ayat al-Quran berkaitan dengan
    Nasakh dan Mansuh.
    Jumlah keseluruhan ialah 6666.
    Elok kamu padam saja tulisan yang tak
    sepatutnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  21. mohon maaf ikut nimbrung, angka
    6666 keterangannya sementara ini
    dapat dilihat dalam kitab karya Abu
    Abdul Mu’ti Muhammad bin Umar bin
    Ali Nawawi al-Jawi, Nihayatuz-Zain fi
    Irsyadil Mutbadi’in, Jakarta: al-
    Haramain, 2005, cet. Ke-1, 2.
    dan Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili, at-
    Tafsir al-Munir fil-‘Aqidah was-
    Syari’ah wal-Manhaj. Bairut: Darul-
    Fikr, 2003, jilid 1.
    adapun angka 6236 adalah hitungan
    ayat berdasarkan al-Kufi (Kufah, Irak)
    disandarkan dari riwayat riwayat Abu
    Amr ad-Dani dengan jalur Hamzah bin
    Hubaib bin Ziyat dari Ibnu Abu Laila
    dari Abu Abdirrahman bin Habib as-
    Sulami dari Ali bin Abi Talib, lihat
    keterangnnya dalam Ad-Dani tahqiq
    Ganim al-Hamd, al-Bayan fi ‘Addi
    Ayil-Qur’an, Kuwait: Markaz al-
    Maktutat al-Wtsaa’iq , 1994, h. 80.
    (masih ada lagi jumlah hitungan yang
    lain, silahkan baca kitabnya)
    kalau ingin mendalami tentang
    hitunganny secara lebih mendalam
    silahkan baca kitab-kitab berikut; al-
    Bayan fi ‘Addi ayil Qur’an karya
    Abu Amr ad-Dani (w. 444 H),
    Nadzimatuz-Zahr karya as-Syatibi (w.
    590 H), al-Faraidul Hisan fi ‘Addi
    Ayil-Qur’an karya Abdul Fatah
    Abdul-Gani al-Qadhi (w. 1403 H/ 1982
    M) , dan al-Muharrar al-Wajiz fi ‘Addi
    Ayil Kitabil-Aziz karya Abdur-Razaq
    Ali Ibrahim Musa yang terinspirasi dari
    karya gurunya Muhammad al-Mutawalli
    (w. 1313 H).
    wallahu’alam

    BalasHapus
  22. Asyhadu anLailaha ilAllah waasyhadu anna Muhammadar rosulullah.....aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan ALLAH dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan ALLAH

    BalasHapus
  23. Bismillahir rahmanir rahim ..
    Ayat Al Qur'ann sebenarnya adlh 6236 ayat, lantas dri mnkah 430 tersebut ???
    Menurut pndangan ulama2 muslim, pelajarilah 6236/Al Qur'an sebagai pedoman hidupmu, dan jadikanlah suri tauladan dlm tingkah pola kita sehari hari.
    lho ko 430 di jadikan suri tauladan? apa maksud angka tersebut??
    sebagai umat muslim, suri tauladan kita semua adlh Nabi Muhammad SAW. jadi angka tersebut adlh 430 = mewakili nama Nabi Muhammad SAW, knp bisa begitu??

    sekarng kata Muhammad kita urai yg terdiri dari huruf " mim, ha, mim, da "
    sekarang kita larikan ke surat dlm AL Qur'an n huruf Hijaiyah.
    mim huruf ke 24 ----> Surat ke 24 An-Nuur 64 ayat
    ha huruf ke 6 -----> Surat ke 6 Al-An'am 165 ayat
    mim huruf ke 24 ----> Surat ke 24 An-Nuur 64 ayat
    da huruf ke 8 ----> Surat ke 8 Al-Anfal 75

    kita jumlahkan nomor surat n jumlah ayat .....
    24+64= 88
    6+165= 171
    24+64= 88
    8+75= 83
    ------------------+
    430 + 6.236 = 6.666 . Subhanallah !!!!!!! ALLAHU AKBAR

    BalasHapus
  24. Barakallahu ...
    Semoga bermanfaat buat kita semua umat muslim, agar makin kuat Iman n Islam kita n bertambah pula ke-TAQWAan kita pada ALLAH SWT n bertambah cinta kita kepada Rosul bimbingan kita Rosul tercinta NABI MUHAMMAD SAW. Amiiin yaa Rabb .



    Wassalmmu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. " Afkar Fakih Fath, Serang- Banten

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus