Pages

Rabu, 21 November 2012

GODAAN ITU BERNAMA WANITA


GODAAN ITU BERNAMA WANITA




Assalaamualaykum Warahmatullahi Wabarakatullahi,
Bismillahirrahmaanirrahiim,,
dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).  (QS. Ali-Imran: 14)

apakah memang sudah menjadi sunnatullah jika kaum hawa menempatkan posisi pertama dihati laki-laki? Dalam Al-Quran Surat Ali-Imran di atas Allah menyebut para wanita pada posisi pertama dalam kecenderungan hati manusia, lebih dulu dibandingkan anak dan harta kekayaan.

Allah SWT maha mengetahui keadaan hambanya, para wanita memang menjadi godaan terberat bagi laki-laki. Banyak muslim yang mampu menahan diri dari godaan dunia seperti harta dan kedudukan, tapi tidak mampu menahan diri dari godaan perempuan. Secara sunnatullah semua laki-laki pasti punya rasa ketertarikan kepada wanita, rasa itu tidak memandang apakah ia orang kaya atau miskin, pejabat atau rakyat biasa, bahkan ulama (orang yang paham ilmu agama) ataupun kaum awam, semuanya pasti punya ketertarikan kepada wanita, wanita menjadi godaan yang sangat berat.

Walaupun kita melihat orang yang kelihatan begitu alim dan teguhnya  dalam beragama, dari kasat mata kita melihat beliau tidak akan terpengaruh  dengan godaan wanita, hatinya aman dari godaan wanita. namun sebenarnya tidak ada jaminan hatinya bebas dari godaan wanita, karena itu semua memang sudah menjadi sebuah sunnatullah. Hanya atas pertolongan Allah lah seorang muslim akan mampu terbebas dari bahayanya jeratan wanita.

Wanita begitu menggoda dan menarik bagi laki-laki, bahkan Nabi Adam as yang berada di surga yang penuh dengan kenikmatan dan kesenangan baru merasa lengkap kenikmatannya ketika diciptakan siti hawa, sebelumnya beliau merasa kesepian.

Didalam banyak ayat Al-Quran Allah juga memotivasi orang mukmin untuk taat beribadah dengan kenikmatan surga, dan Allah menjanjikan bidadari didalamnya. Kenapa Allah menjanjikan bidadari? Karena Allah sangat tahu bahwa perempuan adalah sesuatu yang sangat menarik dan didamba-dambak oleh laki-laki.
Nabi Yusuf adalah seorang Nabi yang soleh dan manusia pilihan Allah, coba kita lihat bagaimana Nabi Yusuf ketika berhadapan dengan wanita, didalam Al-Quran surat yusuf ayat 24:

Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata Dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu Termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.
(QS. Yusuf: 24)
Ayat ini tidak menunjukkan niat buruk dari Nabi yusuf  kepada zulaikha, namun ayat ini menggambarkan bahwa bahwa godaan wanita itu memang sangat berat, dan atas pertolongan Allah Nabi Yusuf selamat dari godaan wanita. Jika seorang seperti Nabi Yusuf saja masih bisa terpikat dengan wanita (tidak dalam konteks maksiat), apalah lagi kita manusia biasa.

Mengenai ayat ini Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata: "Ia mengetahui kalau dirinya tidak mampu menghindarkan diri dari ajakan itu. Seandainya Rabbnya tidak menjaga dan menyelamatkannya dari makar para wanita itu, atas dasar nalurinya akan condong kepada mereka dan termasuk dalam golongan orang-orang yang bodoh. Ini merupakan indikasi kesempurnaan ma'rifat beliau kepada Alllah dan dirinya (yang lemah)".

Pada ayat 28 Quran Surat Yusuf di sebutkan bahwa tipu daya wanita itu besar, Bahkan sebagian ulama menyimpulkan, bahwasanya makar dan tipu daya wanita lebih berbahaya dari pada tipu daya setan. Yaitu dengan membandingkan penjelasan Allah Ta'ala tentang tipu daya setan dengan tipu daya wanita dalam surat ini. Firman Allah Ta'ala tentang tipu daya setan, (karena sesungguhnya tipu daya setan itu adalah lemah) -Qs an-Nisâ`/4 ayat 76- sedangkan mengenai tipu-daya wanita, Allah Ta'ala berfirman (Sesungguhnya tipu daya mereka itu sangat besar) -Qs Yusuf/12 ayat 28. Komparasi ini menunjukkan bahwa tipu daya wanita lebih berbahaya daripada tipu daya setan. (walau sebenarnya tipu daya wanita itu juga merupakan bagia dari tipu daya syaithan).

Rasulullah shollallahu 'alaihi wa salam telah mengabarkan kepada kaum lelaki, bahwa fitnah wanita merupakan fitnah terberat yang dirasakan seorang lelaki. Rasulullah shollallahu 'alahi wa salam bersabda: Tidaklah aku tinggalkan sepeninggalkan sebuah fitnah yang lebih berbahaya bagi kaum lelaki melebihi fitnah wanita. (HR al-Bukhari dan Muslim).
Perlu diluruskan, tulisan ini tidak menganggap wanita sesuatu yang haram. Tulisan ini hanya menggambarkan bagaimana sikap laki-laki terhadap perempuan. Perempuan menempati derajat yang tinggi didalam islam, bahkan perempuan (an-nisa) dijadikan nama surat didalam Al-Quran. 

Juga dalam hadist Rasulullah, sebaik-baik perhiasan. Dari Abu Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhuma bahwa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,“Dunia ini adalah perhiasan/kesenangan dan sebaik-baik perhiasan/kesenangan dunia adalah wanita solehah''(HR. Muslim: 3649,Nasai,Ibnu Majah).

Laki-laki dan perempuan mempunyai kedudukan yang sama dalam islam:

"Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain." (QS. Ali-Imran: 195)

Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya sedikitpun.” (QS. an-Nisa’: 124)

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. an-Nahl: 97)

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. al-Ahzab: 35)


 *Ahmad Sholahudin, Jakarta, 21 November 2012.

1 komentar:

  1. semuanya juga tergantung dari orangnya mas,.,. maaf hanya sekedar memberikan saran saja,.,

    http://caradaftarmemberacemaxs.com/pantangan-penyakit-darah-tinggi/ DARAH TINGGI

    http://obatherbalkista.web.id/pantangan-makanan-penyakit-gatal-kulit/ GATAL KULIT

    BalasHapus