Pages

Rabu, 11 Mei 2011

Organisasi Itu Asyik

Siapa sih yang ingin mendapatkan keuntungan di dunia n akhirat???
Hmmm,, kalau ditanya seperti itu semua orang pasti mau (selagi ia masih normal sih, he he ). Dunia akhirat lho untungnya, coba bayangkan (tapi jgn lama2 ngebayanginnya).

Sahabat yang saya cintai (tentu nya cinta saya karena Allah), mau tahu gak cara nya gimana???
Caranya tidak terlalu sulit kok, dan ternyata dengan berorganisasi kita bisa mendapatkan keuntungan dunia plus akhirat lho (keren gak tu?).

tapi sahabat juga harus tahu sebelumnya organisasi seperti apa yg bisa membawa keuntungan tsb. Tidak semua organisasi bisa menjadi sarana bagi kita untuk memperoleh keuntungan didunia dan di akhirat, bahkan ada organisasi yang bisa menjerumuskan kita kepada kerugian di akhirat (jadi kudu harus hati2 dlm memilih organisasi, jgn smpe salah pilih).

Organisasi yang bisa membawa keuntungan dunia plus akhirat itu tentunya hanya organisasi islam (tapi islamnya bukan hanya namanya atau logonya saja), organisasi yang memasukkan islam keseluruh sendi organisasi nya, islam sebagai dasarnya, dan islam sebagai pedomannya. Tapi tidak cukup dengan organisasi islam saja, melainkan organisasi islam yang mengajak orang untuk menjadi lebih baik dan lebih islami (kalau bahasa kerennya sih organisasi dakwah).

Dakwah itu kalau bahasa sederhana nya yaitu mmengajak seseorang kepada kebaikan berdasarkan islam, atau mengajak orang kepada jalan Allah. Sesuai dengan firman Allah:
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (Qs. An-Nahl: 125)”

Dengan berorganisasi kita sekaligus bisa berdakwah, karena organisasi kita adalah organisasi yang mengajak kepada kebaikan atau mengajak kepada jalan Allah.

APA SIH KEUNTUNGAN YANG KITA DAPAT???

Sebagaimana yang saya sebutkan diatas tadi, dengan berorganisasi kita mendapatkan keuntungan didunia plus keuntungan di akhirat.

Keuntungan pertama yang akan kita dapatkan adalah kita telah melakukan transaksi jual beli dengan Allah, dan Allah membeli perniagaan kita, serta kita terbebas dari azab yang pedih. (keren gak tu, kt bs transaksi jual beli dg Allah, terbebas dari azab neraka lagi.) sebagaimana firman Allah:
“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?. (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad (berdakwah) di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS. Ash-Shaf: 10-13).”

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. (QS. At-Taubah: 111)”

Keuntungan lainnya yang akan kita dapat ialah kita akan dapat gelar yang langsung diberikan oleh Allah sebagai umat terbaik, (coba bayangkan, senangkan mendapatkan gelar/penghargaan langsung dr Allah. Mendapatkan gelar dr gubernur ja kt seneng, pa lagi ini). Sebagaimana firman Allah:
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. Ali-Imron: 110)”

Trusz keuntungan berikutnya perkataan kita dinilai oleh Allah sebai perkataan yang paling baik, sebagaimana firman Allah:
“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri? (QS. Fushshilat: 33)"

Trusz kalau kita berdakwah kita akan mendapatkan pahala yang tiada henti2nya, ketika ada org yang mendapat petunjuk Allah karena perantara kita, maka pahala akan terus mengalir kepada kita. Sebagaimana hadist Nabi Saw.:
“Barangsaiapa menunjukkan kepada kebaikan, ia berhak memperoleh pahala sebagaimana pahala orang yang melakukannya. (HR. muslim)”.

kita juga mendapat sesuatu yang sangat baik imbalannya dari Allah, lebih baik dari unta merah (kalau dulu kan g’ ada mobil, jadi transportasi yg mewah itu pake unta, kalau unta merah itu unta yang paling mahal, kalau di ibaratkan dg zaman skrg itu seperti mobil BMW, Ferrary, atau Mercedes gitulah). Seperti hadist Nabi Saw.:
“Demi Allah, sungguh Allah memberi petunjuk kepada seseorang karenamu, itu lebih baik bagimu dr pd unta merah. (HR. Bukhari-Muslim).

Dan yang lebih luar biasa lagi kita akan didoakan oleh makhluk yang mulia yang tdk pernah berbuat dosa, bahkan Allahpun ikut mendoakan kita. Rasulullah Saw. Bersabda:
“sesungguhnya Allah, malaikat-Nya, serta penduduk langit dan bumi, hingga semut yang ada didalam lubangnya, dan ikan-ikan yang ada dilaut, (semuanya) bershalawat atas orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia. (HR. Tirmidzi)”

Masih banyak keutamaan-keutamaan lainya yang akan kita dapatkan dengan bergabung di organisasi dakwah, keuntungan yang tdk bs kt dpt kan ditempat lain atau ketika kita hanya berdiam diri.

Allah menjamin pahala yang sangat besar bagi orang yang berdakwah. Kalau saat ini kita hanya mengandalkan amalan kita untuk meraih surganya Allah, maka amalan yang mana yang bisa kita andalkan? Kalau kita mengandalkan sholat kita, ternyata sholat kita lebih banyak tidak khsusuknya. Kalau kita mengandalkan puasa kita, ternyata kita masih sangat jarang berpuasa, kalaupun kita berpuasa terkadang kita masih belum mampu untuk menahan mata, mulut dan telinga dari hal2 yg dilarang. Kalau kita mengandalkan amalan sedekah, ternyata sedekah masih sangat sedikit.

Maka amalan dakwah adalah salah satu amalan yang sangat bisa diandalkan, karena walaupun kita telah tiada, namun pahalanya terus mengalir (asyik g’ tu?).

Dan dengan bergabung di organisasi islam+dakwah, maka itu akan memacu diri kita untuk menjadi lebih baik, karena biasanya kalau kita hanya sendirian tanpa jamaah (organisasi) sangat susah untuk menjadi lebih baik. Tapi dengan berorganisasi, akan ada sahabat yang mengingatkan jika lupa, dan menegur jika salah, dan memberi motivasi ketika lagi lemah.

Keuntungan lain yang akan kita dapatkan adalah dengan berorganisasi kita telah mengasah soft skill kita, dan terbukti ternyata orang yang sukses itu (ini berdasarkan penelitian lho) lebih karena ditunjang oleh soft skill dibandingkan hard skill.

Di organisasi kita dilatih bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan berbagai macam karakter orang, kita akan mendapatkan teman yang banyak, kita akan mendapatkan pelajaran yang tdk didapatkan di bangku kuliah, kita diajarkan mengelola organisasi shg ktk terjun kedunia kerja kita sdh terbiasa.

Ari Ginanjar mengatakan kecerdasan itu terbagi tiga, yaitu Spritual, Emosional, dan Intelektual. Maka di organisasi islam kita akan mendapatkan dua hal yang tdk didapatkan dibangku kuliah, yaitu Spritual dan Emosional. Dan lagi2 penelitian membuktikan kesuksesan seseorang lebih ditentukan oleh kecerdasan Emosional dibandingkan kecerdasan Intelektual

So frend2 semua, skrg kita sdh tau keuntungan yang kt dpt dg berorganisasi, mk tiada alasan lagi bagi kt utk tdk mau ikut organisasi, apalagi itu organisasi dakwah.

Terakhir mungkin ada yang bertanya, kenapa berdakwah harus melalui organisasi, kan dakwah juga bisa sendirian?!.
Imam Ali Ra. Pernah mengatakan, “kejahatan yang terorganasir akan mampu mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir”. Shg kiita perlu mengorganisir gerakan kebaikan kita. Terlebih lagi Allah SWT. Berfirman:
“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (QS. Ash-Shaf: 4)”

YUK BERGABUNG BERSAMA KEBAIKAN, YANG MEMBAWA KEUNTUNGAN DUNIA DAN AKHIRAT. BERSAMA KITA BISA!!!!!!!

*Ahmad Sholahudin, Selasa 9 Nopember 2010.

0 komentar:

Posting Komentar