Pages

Rabu, 11 Mei 2011

KITA ADALAH AKTIVIS DAKWAH

ADK idealnya dan menjadi harapankita smua adl org2 yg mmpu mnjadi pioner terdepandalam perubahan, trutama prubahan mnjadi kmpus yg lbih baik dan islami. kmpus islami tntunya mnjadi keinginan bersama bagi kader dakwah, dan dlm berdkwah kita tntunya ingin bisa mlihat hasil dr usaha dakwah kita tsb.



namun mnjadi ironis ktk trnyta org yg dharapkan mmpu merubah lingkungannya - terutama kampus - , sseorg yg dineri gelar kader dakwah, namun bliau sndri blm mmpu scr optimal merubah dirinya sndri mnjdi pribadi yg muslim. seorg dai yg trnyata tdk trllu jauh brbeda dg mad`u yg mnjadi terget dakwahnya, seorg penggerak yg tdk lebih baik dr yg digerakkan.

kt tntunya tlh sm2 mmhami bhwa idealnya - bahkan seharusnya - seorg dai harus lebih baik dari mad`u nya, trutama dr segi ubadahnya. krn kt pnya prinsip tdk mngkin kt bisa mngajak org utk sholat wjib klu trnyata kita juga masih hnya mngerjakan sholat wjib saja. jk kita ingin mngajak org utk mlaksanakn sholat wjib, kita hrus sdh mlkukan sholat2 sunat.

akhi wa ukhti yg ana cintai krn Allah. ktk kt sbg seorg dai (aktivis dakwah) hnya mampu mlkukan sholat2 wjib saja, mk sangat banyak saudara2 kita yg ammah yg jg hnya mlkukan shola wjib sj. ktk kita sampai saat ini tilawahnya baru 2, 3, atau 4 lembar, mk mngkin target dkwah kita bisa lebih dari itu. ktk tahajjud kita cuma 1 atau 2 kali sminggu, mk yg ammahpun tdk sdkit yg mngerjakan sbnyak itu. ktk kita belum mampu shaum sunnah 1 kali seminggu, mk apakah pantas kita mnyematkan pd diri kita sbg aktivis dakwah.

ktk dhuha kita masih 1, 2, atau 3 kali semingu, apa ini bisa diandalkan sbg titel seorg dai?, ktk sampe saat ini kita masih akrab dan tdk bisa lepas - bhkan mnikmati - dg musik2 atau lagu2 jahiliyah yg brbau cinta yg mlalaikan hati2 kita, reality show, gosip. sinetron, dan film yg brbau maksiat - bhkan mnyesatkan - mk tdk ada bedanya kita dg target dakwah kita.

ktk kmunikasi antar lwan jenis masih blm terjaga, jika bertelpon ria dg diiringi canda tawa yg dihiasi dg puji puja, maka sungguh ikhwah kita blm bisa brbuat bnyak utk dakwah ini.

ikhwah yg insya Allah dirahmati Allah, yg snntiasa sllu istiqomah berjuang dijalan dakwah ini. tugas dakwah ini adl kwajiban kita smua, dan dakwah ini tdk akan mnunaikan hasil jika pelaku dakwahnya kurang baik. jika dakwah kita selama ini mungkin berjalan lambat atau mandek, mk yg salah bukan dakwah, bisa saja pelaku dakwahnya (walaupun bisa saja sstem dari dakwaah itu sndiri).

ikhwah, kita adl mkhluk pilihan, krn Allah tlh mnyematkan gelar kehormatan kpd penyeru kbaikan dg gelar UMAT YANG TERBAIK. tdk smua orang mndapatkan gelar ini.

kader dakwah kan tap mnjadi kader dakwah, perilaku kitapun ttap perilaku ikhwah.kalau kata seorang ustadz, jangan sampai kita berperilaku ikhwah hnya ktk kita bersama - dekat - dg lingkungan ikhwah. tapi ktk jauh dr lingkungan ikhwah, kita kmbli berperilaku jahiliyah. org2 yg sperti ini adl org2 yg digambarkan dalam Al Quran sbg org munafik. (Na`udzubillah).

ikhwah, mulai saat ini mari kita sama2 brjuang tuk kmnangan islam. perjuangan ini tdk akan berhasil jika kita lemah dalam ruhiyah. perjuangan ini tdk hnya mmbtuhkan spirit dan power, tapi yg juga sangat penting adlh ruhiyah yg kuat. kalau selam ini kita selalu mngeluh dg rasa penat dan capek kita, mngkin slma in i kita kurang mmberi gizi vitamin dan protein bagi hati kita (peningkatan ruhiyah).

dakwah akanttap berjalan dg ada atau tdk nya kita didalamnya, tapi apakah kita rela jika kita tdk ambil bagian dlm proyek besar yg bernama DAKWAH ini.


(afwan dari ana jika trllu pnjang dan ada kata2 yg salah, tulisan ini hnya merupakan coretan kecil hasil renungan ana yg mencoba menjadi bahan intropeksi dan evaluasi bagi ana. kmudian ana mncoba utk saling berbagi dan mengingatkan.)

2 komentar: